Cara Membuat dan Mengelola Blog dengan Blogspot


Blogger adalah aplikasi web buatan Google yang dapat digunakan secara gratis untuk membuat halaman situs web ataupun blog. Pada awalnya, blogger hanya digunakan oleh individu untuk menulis catatan harian. Namun saat ini, berbagai komunitas dan organisasi telah menggunakan blogger sebagai media untuk memberitakan kegiatan, mempromosikan jasa dan produk, dan mengungkapkan visi dan misi suatu organisasi. 

Dalam konteks pendidikan, blog dapat dimanfaatkan oleh pengajar sebagai sarana untuk menyajikan ide, aspirasi, dan konten pembelajarannya sehingga tulisan-tulisannya tersebut dapat diakses oleh siswa dan orang lain secara daring. Keuntungan dari penggunaan blog sebagai media pembelajaran antara lain: a) membangun kreatifitas dan keterampilan menulis, b) mendokumentasikan ide dan karya penulis dalam waktu yang lama, b) tulisan di blog mudah disebarkan dan dapat diakses kapanpun diperlukan, dan c) blog bisa menyajikan informasi dalam format teks, gambar, video, hyperlink, dan kode html. 

1. Teknik Membuat Blog Baru dengan Blogger

Syarat pembuatan blog baru menggunakan Blogger adalah harus memiliki akun Google. Cara membuat blog menggunakan blogger adalah sebagai berikut. 

  1. Masuk ke akun Google dengan masukkan alamat email dan password email (jika Anda belum masuk) 
  2. Kunjungi situs web https://www.blogger.com, lalu klik tombol “Buat Blog”.
  3. Kolom judul diisi dengan nama blog, lalu klik tombol Berikutnya. 
  4. Kolom alamat diisi dengan alamat Blog (tanpa spasi), lalu klik tombol Berikutnya. 
  5. Kolom nama yang ditampilkan diisi dengan nama penulis blog, lalu klik tombol Selesai. 

Setelah selesai membuat blog, maka akan tampil halaman admin blogger sebagai berikut. 

Sesuai dengan gambar di atas, menu pengaturan blog terdapat di sebelah kiri halaman. Fungsi dari masing-masing menu tersebut adalah sebagai berikut. (1) Lihat blog Anda berfungsi untuk membuka halaman tampilan blog (2) Postingan berfungsi untuk menampilkan daftar tulisan dan tombol untuk membuat tulisan baru (3) Statistik berfungsi untuk menampilkan statistik perkembangan jumlah pengunjung dan tulisan blog (4) Komentar berfungsi untuk menampilkan daftar komentar pembaca (5) Penghasilan berisi menu untuk menampilkan halaman monetisasi blog (6) Halaman berfungsi untuk menampilkan daftar halaman blog (7) Tata letak berfungsi untuk menampilkan halaman pengaturan tata letak gadget (8) Tema berfungsi untuk menampilkan halaman pengaturan tema blog (9) Setelan berfungsi untuk menampilkan halaman pengaturan judul, deskripsi, bahasa, dan favicon (ikon) blog. 

2. Teknik Menerbitkan Tulisan Baru di Kolom Postingan 

Kolom postingan adalah fitur blog yang berfungsi untuk menerbitkan tulisan di halaman beranda blog, seperti pengumuman, opini, dan informasi lainnya. Tulisan yang diterbitkan melalui kolom postingan akan disusun di halaman beranda blog dari yang terbaru sampai yang terlama. Cara menerbitkan tulisan di kolom postingan adalah: klik menu postingan, lalu klik tombol Postingan baru, maka akan tampil kolom penerbitan postingan baru sebagai berikut. 

Sesuai dengan gambar di atas, fungsi dari tombol-tombol yang terdapat pada gambar di atas adalah sebagai berikut. (1) Kolom judul berfungsi sebagai tempat menuliskan judul; (2) Ikon pensil berfungsi untuk mengubah tampilan kolom tulisam, yaitu dari “tampilan menulis” ke “tampilan html” (untuk menyematkan kode html), dan sebaliknya; (3) Ikon A berfungsi untuk mengatur jenis font, dan menu-menu lain yang mirip dengan menu di Microsoft word memiliki fungsi yang sama dalam memformat tulisan; (4) Ikon link (rantai) berfungsi untuk menyisipkan URL pada teks atau gambar. (5) Ikon gambar berfungsi untuk menyisipkan file gambar pada kolom postingan; (6) Ikon video berfungsi untuk menyisipkan video dari dalam komputer dan dari Youtube. (7) Pada panel “Setelan Entry”, menu Label berfungsi untuk menambahkan label pada tulisan, menu tanggal untuk mengubah tanggal publikasi, menu permalink untuk mengubah link postingan, menu lokasi untuk menambahkan keterangan lokasi, menu Opsi untuk mengatur hak pembaca dalam mengkomentari tulisan. 

3. Teknik Menerbitkan Tulisan di Kolom Halaman

Selain menerbitkan tulisan melalui kolom postingan, Saudara juga dapat menerbitkan tulisan melalui kolom halaman (page). Isi halaman blog umumnya adalah informasi penting yang ditampilkan pada pada menu-menu blog. Seperti halaman biodata penulis, halaman daftar isi, halaman kebijakan privasi, halaman syarat dan ketentuan penggunaan, dan halaman disclaimer. Cara membuat halaman di blogger adalah: klik menu “Halaman”, kemudian klik tombol “Halaman baru”, lalu isi kolom halaman sebagaimana cara menerbitkan tulisan baru. Perhatikan gambar berikut.


 4. Teknik Menyematkan Video Youtube ke Halaman Blog 

Youtube adalah salah satu produk Google yang dapat digunakan untuk menyimpan dan menerbitkan video pembelajaran. Selain itu, Youtube juga dapat digunakan untuk melaksanakan streaming video. Situs web Youtube dapat diakses melalui laman: https://www.youtube.com. 

Cara menyematkan video Youtube ke halaman blog adalah: buka video Youtube yang akan disematkan, kemudian klik tombol Bagikan (share) yang berada di bawah video, kemudian pilih menu Sematkan, maka akan tampil kode HTML video Youtube sebagaimana contoh berikut. 

Selanjutnya, salin kode HTML video, kemudian buka kolom postingan blog, lalu klik ikon pensilnya, lalu pilih tampilan HTML, kemudian paste kode HTML yang telah disalin ke kolom postingan, lalu klik kembali ikon kode HTML, dan pilih Tampilan menulis. Perhatikan gambar berikut. 



5. Teknik Menyematkan Google Slides ke Halaman Blog 

Google slides adalah aplikasi web yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi sebagaimana layaknya aplikasi Powerpoint. Selain itu, Saudara juga dapat mengubah file Powerpoint mejadi Google slides sehingga file Powerpoint tersebut dapat dipublikasikan di blog. Contoh tampilan Google slides adalah sebagai berikut. 


Gambar 7.1 Contoh Google Slides (https://docs.google.com/presentation)

Video Tutorial Amati video tutorial cara menggunakan Google slides dengan memindai (scan) atau mengklik kode QR di samping! Caranya mengubah file Powerpoint menjadi Google slides adalah: unggah file PowerPoint ke Google Drive, kemudian klik tab File, lalu pilih menu Simpan sebagai Google Slide. Perhatikan gambar berikut. 

Cara menyematkan Google slides di blog adalah: klik tab “File”, kemudian klik menu “Publikasikan di web”, lalu klik menu Sematkan, kemudian klik tombol “Publikasikan”, lalu salin dan paste kode HTMLnya ke kolom postingan dengan tampilan HTML. 

6. Teknik Menyematkan Google Formulir ke Halaman Blog 

Google formulir adalah aplikasi web Google yang dapat digunakan untuk membuat formulir, lembar survei, dan kuis daring sederhana. Jenis soal yang dapat dibuat dengan Google formulir adalah: soal jawaban singkat, soal esai, soal pilihan ganda, soal kotak centang, drop-down, upload file, skala linier, tanggal, waktu, kisi pilihan ganda, dan petak kotak centang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Google formulir dapat digunakan untuk membuat formulir dan kuis daring yang praktis, memudahkan siswa mengerjakan kuis dan menyerahkan tugas secara online, memudahkan siswa dalam memberikan respons, menghemat penggunaan kertas, dan memungkinkan pengajar membuat soal bercabang (Mardiah, 2021; Parinata & Puspaningtyas, 2021). 

Cara menyematkan Google formulir di blog adalah: buka formulir yang akan disematkan. Contohnya adalah sebagai berikut.

Pada halaman Google formulir, klik tombol Kirim, kemudian klik menu Sematkan, lalu klik tombol Salin, kemudian paste kode HTML tersebut pada kolom postingan dengan tampilan HTML. 

D. Teknik Mengatur Tampilan dan Setelan Blog 

Pengaturan tampilan dan setelan blog sangat penting dilakukan supaya blog tampil lebih elegan dan dapat menarik banyak pengunjung. Tampilan blog dapat diatur melalui halaman tema dan tata letak blog, sedangkan setelan blog dapat disesuaikan melalui halaman setelan. 

1. Teknik Mengatur Tema Blog 

Blogger telah menyediakan beberapa pilihan tema standar di halaman tema. Selain itu, pemilik blog juga dapat memasang tema blog yang bersumber dari situs web lain. File tema blogger adalah berformat XML.

Contoh situs web yang menyediakan file tema blog antara lain adalah: https://gooyaabitemplates.com. Selain itu, tema blogger juga bisa diunduh melalui link ini: https://bit.ly/temablogger. Cara mengatur tema blog adalah: pada halaman blogger, klik menu “Tema”, maka akan tampil halaman tema sebagai berikut. 

Berdasarkan gambar di atas, klik panah tombol “Sesuaikan” untuk menampilkan pilihan menunya, yaitu sebagai berikut. (1) Cadangkan berfungsi untuk mengunduh file tema yang sedang digunakan. (2) Pulihkan berfungsi untuk mengunggah file tema yang akan digunakan. (3) Beralih ke tema klasik pertama berfungsi untuk menggunakan tema kelasik. (4) Edit HTML berfungsi untuk membuka kolom pengeditan kode HTML tema. (5) Tombol “Sesuaikan” berfungsi untuk membuka fitur penyesuaian tampilan tema. Seperti format teks judul, latar belakang blog, dan gadget blog. 

2. Teknik Mengatur Tata Letak Blog 

Cara mengatur tata letak Blogger adalah: klik menu Tata letak, maka akan tampil halaman tata letak blog sebagai berikut. 

Pada gambar di atas, (1) Desainer Tema berfungsi untuk mengubah warna latar belakang, format teks blog, warna dan gadger blog, (2) Tambahkan Gadget berfungsi untuk menambahkan gadget baru ke halaman blog, (3) setiap gadged yang aktif juga dapat diubah isinya dengan mengklik ikon pensil, dan gadget yang ditampilkan akan ditandai dengan simbol mata terbuka, (4) hasil pengaturan tata letak dapat dibatalkan dengan mengklik tombol X, dipratinjau dengan mengklik tombol mata, dan disimpan dengan dengan klik tombol simpan. 

3. Teknik Mengatur Setelan Blog 

Cara membuka halaman setelan blog adalah: klik menu Setelan sebagai berikut. 

Berdasarkan gambar di atas, halaman setelan blog terdiri dari beberapa bagian berikut. 

1. Dasar

Pada bagian dasar, menu “Judul” digunakan untuk mengubah judul blog, menu “Deskripsi” untuk menambahkan deskripsi blog, menu “Bahasa blog” untuk memilih bahasa blog, menu “Konten khusus dewasa” dapat diaktifkan jika ingin memberikan peringatan kepada pembaca blog bahwa isi blog hanya untuk orang dewasa, menu “Favicon” untuk menambahkan ikon khusus pada blog. 

2. Privasi 

Pada bagian privasi, Saudara dapat mengaktifkan menu “Dapat diakses mesin telusur” agar blog tampil di hasil pencarian mesin penelusur.

3. Memublikasikan

Pada bagian memublikasikan, Saudara bisa mengklik menu “Domain kustom” untuk mengganti domain blogspot dengan domain khusus yang dibeli dari Google atau domain yang dibeli dari perusahaan lain.

Cara menggunakan domain dari perusahaan lain biasanya membutuhkan pengaturan khusus. Oleh karena itu, Saudara perlu membaca petunjuk tentang cara mengarahkan domain perusahaan tersebut ke blogspot. 

4. HTTPS

Pada bagian HTTPS, Saudara dapat mengaktifkan menu “Pengalihan HTTPS untuk mengalihkan pengunjung dari domain http ke https sehingga ia lebih aman. 

5. Izin

Pada bagian izin, menu “Admin dan penulis blog” berfungsi untuk menampilkan nama admin, menu “Undangan penulis tertunda” menampilkan undangan yang belum dikonfirmasi calon penulis, menu “Undang lebih banyak penulis” berfungsi untuk mengundang orang lain melalui email untuk menjadi penulis, menu “Akses pembaca” berfungsi untuk mengatur siapa saja yang bisa membaca isi blog apakah semua orang (umum) atau hanya orang-orang yang diundang saja. 

6. Postingan

Pada menu Postingan, klik menu “Jumlah maksimal postingan yang ditampilkan di halaman utama” untuk mengatur jumlahnya, menu “Template entri” berfungsi untuk menambahkan tulisan yang berperan sebagai template, menu “Lightbox gambar” berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan gambar yang biasanya tampil di atas entri.

7. Komentar

Pada bagian komentar, menu “Lokasi komentar” berfungsi untuk memilih lokasi komentar, menu “Siapa yang dapat mengomentari?” berfungsi untuk memilih syarat untuk bisa memberikan komentar, menu “Moderasi komentar” berfungsi untuk mengatur apakah komentar yang masuk perlu ditinjau oleh admin sebelum tampil di blog, menu “Captcha komentar pembaca” dapat diaktifkan untuk menampilkan verifikasi captha bagi orang yang ingin memberi komentar, menu “Pesan formulir komentar” berfungsi untuk menampilkan pesan khusus bagi pembaca yang akan berkomentar. 

8. Email

Pada bagian email, menu “Posting menggunakan email” berfungsi untuk mengaktifkan fitur yang memungkinkan orang untuk menerbitkan tulisan dengan cara mengirimkan pesan ke alamat email khusus, menu “Undang lebih banyak orang untuk email pemberitahuan postingan” dapat diklik dan diisi dengan alamat email orang yang ingin diberikan pemberitahuan otomatis saat terbit tulisan baru di blog. 

9. Pemformatan

Pada bagian pemformatan, menu “Zona waktu” berfungsi untuk mengatur zona waktu, menu “Format header tanggal” berfungsi untuk mengatur format tanggal di bagian atas tulisan, menu “Format stempel waktu” berfungsi untuk mengatur format waktu, dan menu “Format stempel waktu komentar” berfungsi untuk mengatur format stempel waktu pada kolom komentar.

10. Tag Meta

Pada bagian Tag meta, menu “Aktifkan deskripsi penelusuran” dapat diaktifkan untuk memberikan deskripsi khusus pada penelusuran mesin pencari, klik menu “Deskripsi penelusuran” untuk menambahkan deskripsi penelusuran tersebut.

Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

1 Komentar

  1. Artikel yang jelas dan mudah dipahami karena dilengkapi dengan gambar. Yuk kunjungi website kampus kami https://walisongo.ac.id/

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama